Berjalan dengan perkembangan dan kemajuan teknologi otomotif, jumlah dari komponen bodi kendaraan juga semakin banyak, yang dibuat dengan teknologi yang bervariasi dan komponen dengan bahan tersebut yang juga semakin maju. Walaupun perkembangan bahan dari bodi kendaraan sudah maju dengan bahan fiberglass atau plastik, namun saat ini bodi kendaraan masih didominasi oleh komponen berasal dari plat besi dengan ketebalan 0,6 sampai 0,9 mm. Perkembangan bodi melalui teknologi komponen bodi dengan bahan plastik dan fiber belum bisa sepopuler plat, namun demikian beberapa komponen bodi yang memiliki komponen utama plat, kadang juga memiliki komponen plastik fiber bahkan serat karbon.
Konstruksi Luar
Bagian ini merupakan tempat menempelnya berbagai macam panel dan dapat diumpamakan sebagai kulit dalam tubuh kita. Bagian ini terdiri dari beberapa panel-panel yang disatukan dengan beberapa jenis sambungan dapat terlihat secara langsung dari luar, misalnya bumper, engine hood (tutup mesin), pintu-pintu, sunroof (lubang di atap kendaraan agar sinar matahari/udara bisa masuk), roof headlining (atap bagian dalam), fender (bodi samping di dekat roda depan), kaca, boot lid/ deck lid (tutup bagasi belakang), lampu-lampu, radiator grill, dan lain sebagainya.
Konstruksi Luar
Bagian ini merupakan tempat menempelnya berbagai macam panel dan dapat diumpamakan sebagai
Keterangan gambar:
1.atap kendaraan
2.engine hood
3.dudukan kaca depan
4.fender depan
5.grill
6.moulding
7.lampu depan
8.lampu kota/posisi/senja
9.lantai kendaraan
10.pintu depan
11.pintu belakang
12.pillar
13.fender belakang
14.bumper belakang
15.deck lid
Tidak ada komentar:
Posting Komentar